Selasa, 22 Januari 2008

vega 110cc vs jupiter z 110cc

menyambung my tip n trick ke 1
http://www.yamaha-vega.or.id/discussion.php?action=thread&id=TH0706110002 (daya dan torsi maksimum)

mudah-mudahan menjawab pertanyaan
http://www.yamaha-vega.or.id/discussion.php?action=thread&id=TH0801130002 (kencengan mana vega 110cc vs jupie z 110cc)

New JUPITER-Z | New VEGA-R
MESIN
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC | 4 Langkah, SOHC
Diameter x Langkah 51.0 x 54.0mm | 51.0 x 54.0mm
Volume Silinder 110.3cc | 110.3cc
Perbandingan Kompresi 9.3 : 1 | 9.30 : 1
Kopling Manual, Basah, Multiplat | Manual, Basah, Multiplat
Susunan Silinder Satu Mendatar | Satu Mendatar
Gigi Transmisi 4 kecepatan | 4 kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi N-1-2-3-4 (Return) | N-1-2-3-4
Karburator VM 17 x 1 MIKUNI | VM 17 x 1 MIKUNI
Baterai 12V5AH | 12V5AH
Busi C6HSA | C6HSA
Sistem Pengapian CDI | CDI

CHASIS
Berat 97 Kg (Kosong) | 99.0 kg(Bensin & Oli Penuh)
Tipe Rangka Pipa | Pipa
Kapasitas Tangki 4,5 Lt | 4.2 lt
Jarak Sumbu Roda 1,225mm | 1,195mm
Jarak ke Tanah 130mm | 135mm
Tinggi Tempat Duduk 760mm | 770mm

SUSPENSI / BAN
Suspensi Depan Teleskopik | Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm | Swing Arm
Ukuran Ban Depan 70/90-17-44 P | 70/90-17 38P
Ukuran Ban Belakang 80/90-17-38 P | 80/90-17 44P

PERFORMA
Dimensi (P x L x T) 1,910 x 675 x 1,040 mm | 1,890 x 675 x 1,030 mm
Sistem Starter Kick & Electric | Kick & Electric
Daya Maksimum 9.0 PS / 8,000 RPM | 9.0 PS / 8,000 RPM
Torsi Maksimum 9.2 Nm / 5,000 RPM | 9.2 Nm / 5,000 RPM

DIMENSI
Rem Depan Cakram Double Piston | Cakram Hidrolik
Rem Belakang Tromol | Tromol

he he he cape deee nulisnya... udah disimpen cukup lama nih oret-oret karena kesibukan gue jadi cleaning service.

lanjut.... sering beberapa temen di vega mempertanyakan performa motor tanpa mengenali lebih dahulu motornya secara teknis. sebetulnya ini syarat mutlak seorang rider apa lagi saat mengikuti komptisi (btw ini bukan ngajarin gak bener loh ya...)

soerang rider harus paham betul dimana letak kelebihan dan kekurangan motornya

from engine dan performa... well secara teknis sama persis alias plek... nah loo... terus kenapa bisa kenceng ya he he he...

liat chasis... kalo soal berat si ve lebih enteng loh kalo sama-sama kosong soalnya kapasitas tangki bensin si ve lebih kecil

pindah ke jarak sumbu roda wek's si ve ternyata lebih pendek ya he he he lebih lincah donk di kepadatan tentunya ketimbang si jupi

jarak mesin ketanah heemmmm si jupi ternyata lebih mapak ketimbang si ve yang 5mm lebih tinggi, semakin rendah jarak ketanah semakin baik pengendaliannya he he he...

soal tinggi jok he he he ternyata si jupi lebih semampai ya ketimbang si ve yang sedikit lebih tinggi 10mm wah ganggu aerodinamika dunk's... musti rebahan kali ya yang naek si ve biar kenceng ha ha ha....

jadi kesimpulannya si ve dengan bobot ringan jarak sumbu roda pendek dan tempat duduk rada tinggi punya keunggulan di trek pendek-pendek dengan akselerasi cepat karena tenaga mesin ke roda tersalur lebis cepat, lawong swing armnya pendek otomatis tarikan jadi cepet kan hu hu hu...

gimana kalo jupi? well si jupi punya bobot sedikit lebih berat namun punya keunggulan di jarak terendah ke tanah serta tinggi jok yang lumayan pendek alhasil pengendalian lebih mantaf... namun buat maen di gang senggol ini punya kesulitan tersendiri karena lebih panjang bo' soal respon mesin ke roda pasti kalah telak sama si ve soalnya si jupi punya swing arm lebih panjang jadi terasa lembut saat di gas mendadak.

new vega-r menurut gue nih motor type city riding nah kalo new jupiter-z masuk kategori country riding (jarak sedang)

nah dari kesimpulan di atas menurut gue kalo mau ngajak ngebut liat-liat dulu lawannya he he he dimana ente bisa ngajak tarung dimana enggak...


diskusi ini dibuat dengan rasa penuh tanggung jawab dengan tujuan baik jika ada penyalah gunaan maka itu tangung jawab pribadi

post by: bimos(Yamaha Vega Mailing List)
http://www.yamaha-vega.or.id/discussion.php?action=thread&id=TH0801220001

Tidak ada komentar: