Selasa, 29 Januari 2008

Tip Bagi Pengendara yang Peduli Lingkungan

lanjutan dari artikel: http://justordinarybiker.blogspot.com/2008/01/emisi-dan-bakumutu-udara-debu-karbon.html

Jika kita mengaku sebagai individu yang peduli dengan lingkungan, sudahkah hal itu diwujudkan dalam perilaku sehari"?
Tak perlu berpikir jauh", hal itu bisa bermula dari cara kita memperlakukan kendaraan yang kita gunakan setiap hari sebagai langkah awal.
Tidak berarti harus langsung menggunakan kendaraan yang telah menggunakan teknologi khusus untuk mengakomodasi hal tersebut, ada beberapa hal yang dapat di lakukan, diantaranya adalah:
** Menjaga kondisi mesin dengan melakukan service rutin untuk memastikan setiap komponen bekerja dengan sempurna, terutama pada system pembakaran kendaraan. Dimana hal ini berperan penting terhadap asap buang yang menentukan [b]kadar kontaminasi udara.[/b]
Asap hitam dari knalpot akan semakin membuat udara dan lingkungan tercemar dan di lain pihak tak ada salahnya pula melakukan uji emisi kendaraan untuk memastikan kalau kendaraan kita tergolong ramah lingkungan.(motor sekarang bukannya udah ramah lingkungan yah... :bingung)
Hemat pemakaian bahan bakar merupakan salah satu cara untuk menjadikan kendaraan lebih ramah lingkungan. Ada beberapa cara yang bisa di lakkukan untuk mengakomodasi hal ini, antara lain adalah [i]dengan mengisi bahan bakar pada malam hari,[/i]:jempol(boleh juga neeh)... mengingat bahan bakar adalah zat yang mudah menguap, karena itu lebih baik untuk mengisi BBM pada malam hari di mana penguapan karena cuaca panas lebih kecil.
Siasat menghemat BBM lainnya adalah dengan menjaga sikap mengemudi, dengan cara tidak memainkan gas dan selalu mengemudi dalam kecepatan wajar. :nono :nono (emangnya mo balapan di jalan raya bro...!!!)
Dua hal tersebut membutuhkan pembakaran uang lebih di kendaraan kita.
Kendarai kendaraan dengan tenang dan lembut. Usahakan untuk stabil dalam kecepatan ideal yaitu berkisar antara 40-100KPJ.(dijalan raya jakarta udah :jempol klo bisa lari 100KPJ)
Selain hemat, langkah ini akan memperpanjang usia mesin kendaraan.
Rencanakan jalur perjalanan, bila memungkinkan pilih waktu diluar jam sibuk atau usahakan untuk mencari jalur alternatif untuk menghindari kemacetan.(di Jakarta dimana yang ga macet yah :bingung )
Barang bawaan juga harus di perhatikan, bawa seperlunya saja sehingga beban kendaraan tidak terlampau besar sehingga dapat menghemat BBM, misalkan pakai BOX, maksimal beban adalah 3Kg klo ga salah, bisa di kurangi bebannya...

secara rego bengsin saiki larang tenan.....

Tidak ada komentar: