Rabu, 16 April 2008

Tips Hemat BBM


Umumnya, oktan tinggi tidak memperbaiki effisiensi bahan bakar ( fuel economy ). Kenyataannya, perbedaan komposisi atau nilai bakar ( heating value ) dari beberapa jenis bahan bakar ( Senyawa Hidro Carbon ) memegang peran yang sangat penting dalam menentukan fuel economy, tentunya disamping dari desain dan berat kendaraan,perawatan yang baik dan cara membawa kendaraan yang baik.
Driving Style yang disarankan :
1. Lari santai, kecepatan tetap dan tidak tarik Gas terlalu dalam setiap awal berjalan. 2. Stabil pada kecepatan sedang saja. 3. Hindari beban / muatan berat. 4. Hindari bagasi diatas Roof Rack(mobil), box pada motor jangan melebihi muatan yang diajurkan. 5. Hindari menarik trailer bila tidak perlu ( Towing a trailer ). 6. Hindari pemakaian AC(mobil). 7. Hindari pemakaian gigi / kopling saat mobil berhenti lebih 10 detik. ( posisikan ke gigi normal saja ) 8. Hindari menjalankan kendaraan bila pemanasan awal ( Warming up ) tidak cukup.

Perawatan yang baik :
1. Tune-up lah kendaraan anda di bengkel yang direkomendasi atau bengkel kepercayaan loe. 2. Selalu bersihkan saringan udara. 3. Selalu periksa tekanan ban. 4. Selalu mengganti secara periodik saringan bahan bakar.
Kondisi jalan yang dapat menurunkan fuel economy :
1. Cuaca dingin 2. Angin kencang yang menerpa berlawanan arah dengan jalannya kendaraan. 3. Mendaki jalan-jalan pegunungan ( nanjak ). 4. Melewati genangan air / hujan / salju.

sumber : alvenjo.com

Tidak ada komentar: